IPNU IPPNU & Pramuka


PRAMUKA bagi kita selaku pelajar tidak asing dengan organisasi yang satu ini, ya benar organisasi yang mengajarkan kemandirian dan ketangkasan ini sudah menjadi organisasi/ Ekstrakulikuler wajib bagi seluruh lembaga pendidikan se Indonesia. Ekstrakulikuler ini biasa kita wajib tempuh selama minimal 1 tahun tiap jenjang pendidikan formal dan pada tiap jenjang kadar pengajaran pramuka juga memiliki tingkatan sesuai dengan tingkatan sekolah diindonesia dan tingkatan tersebut sebagai berikut :

1. SIAGA
bagi adik adik kelas 3-6 sudah masuk dalam tingkatan ini, SIAGA merupakan tingkatan pramuka paling pertama yang didalamnya dihuni oleh siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, dalam tingkat ini siswa SD akan diperkenalkan mengenai PRAMUKA, game, tali temali, dan semua pendidikan dasar kepramukaan di ajarkan di tingkat ini.

2. PENGGALANG
Tingkat yang satu ini adalah tingkat menengah dimana dalam tingkat ini, kita sudah mulai berperan sendiri dengan sedikit bimbingan dari kakak pramuka senior. Dan pembelajaran tingkat ini adalah pembelajaran kepramukaan siap masak maksudnya semua dasar ilmu Kepramukaan mulai diterapkan langsung di alam dan dengan bimbingan yang tentunya sudah berkurang tidak seperti saat SIAGA. Tingkatan ini berisi siswa siswi Sekolah Menengah Pertama/ sederajat.

3. PENEGAK (Laksana dan Bantara)
Kalau dua tingkatan sebelumnya kan masih dalam pengawasan atasan/senior, namun saat masuk dalam tingkat PENEGAK kita sudah berbeda. Dalam tingkat ini kita sudah siap akan ilmu alam dan siap terjun ke alam, pendidikan kepramukaan yang diajarkanpun langsung ke alam bebas dan dilatih tuk bisa menjadi Mandiri dan berkarakter pemimpin, bimbinganpun sudah mulai sedikit hanya sebatas pengawasan dari pihak sekolah/ senior.

4. PENDEGLANG
Tahap PRAMUKA matang cara bahasa mudahnya, ya pada tingkat ini PRAMUKA sudah dibina dan dibimbing langsung dengan angkatan militer, pendidikan yang diajarkannya juga sudah semi militer, hanya beberapa orang/ pemuda yang bisa masuk pendidikan ini mengingat harus memiliki fisik dan mental yang tinggi untuk bisa belajar bersama angkatan militer NKRI.

PRAMUKA & IPNU-IPPNU apa hubungannya?
Kita sebagai pelajar Nahdlatul Ulama juga jangan sampai ketinggalan tentang pelajaran Kepramukaan, karena PRAMUKA sangat penting untuk kita disamping aktif ilmu agama di IPNU-IPPNU, Pramuka juga melatih dan mengajarkan kita tuk menjadi pelajar yang tangguh, mandiri, tangkas, dan kreatif. dalam organisasi IPNU-IPPNU juga ada badan semi otonom NU yang bekerja dibidang ke PRAMUKAAN organisasi tersebut adalah CORP BRIGADE PEMBANGUNAN dan KORP PELAJAR PUTRI yang masing masing berisi pelajar putra dan pelajar putri Nahdlotul Ulama, CBP & KPP melatih para pelajar tuk tahu akan ilmu alam bebas dan kemandirian layaknya PRAMUKA, organisasi ini memberikan semangat dan pendidikan bela negara yang diikuti oleh para pelajar kalau sudah matang di CBP-KPP kita akan naik ke tingkat BANSER dan FATSER yang dibawah naungan GP Ansor dan Fatayat NU yang sudah tidak diragukan lagi perjuangannya dari dulu saat merebut kemerdekaan RI sampai sekarang masih mempertahankan NKRI supaya tidak terpecah belah oleh ormas ormas radikal yang sedang bebas masuk ke Negara negara di dunia.
Jadi pelatihan PRAMUKA sangat penting bagi para pelajar agar bisa menjadi generasi yang kokoh dan berjiwa kebangsaan.
Kalau tidak belajar dari sekarang siapa yang akan menggantikan pahlawan di masa depan
SALAM PRAMUKA
NKRI HARGA MATI

1 comment:

Terima kasih atas komentarnya...