Bendahara adalah kunci pertama kepercayaan sebuah organisasi





            Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama dan terstruktur untuk meraih satu tujuan yang sama seperti itulah kiranya perngertian singkat organisasi yang sering kita temui pada buku sosiologi, dan antropologi di sekolah. Dalam organisasi terdapat sebuah struktur yang mengurus elemen elemen dalam organisasi supaya dapat bergerak teratur dan ter-arah, kita semua pasti tahu apa saja yang masuk dalam sebuah struktur organisasi, pasti ada sebuah ketua yang mengawasi dan mengkoordinir semua bidang, ada sekretaris yang bertugas mencatat segala kegiatan maupun membantu kerja dari sang ketua, bendahara bertugas mengamankan dan mencatan semua pemasukan dan pengeluaran uang milik organisasi, dan juga bidang-bidang dibawahnya yang mengerjakan program dan organisasi yang sesuai dengan rencana program kerja diawal pembentukan suatu kepengurusan.

            Pembagian tugas seperti ini akan lebih mudah menggerakkan organisasi dengan lancer dan terarah karena satu pengurus/ anggota organisasi hanya fokus mengurus satu bidang saja dan bukan mengurus bidang lain apalagi yang tidak sesuai dengan keahliannya. Namun itu semua juga akan berjalan sebaliknya kalau tak ada yang namanya kepercayaan antar masing masing perngurus, timbulnya perasaan saling curiga akan menghambat jalannya sebuah organisasi dan yang fatal bisa mengakibatkan pengurus tiba-tiba menghilang atau tidak mau mengurusi organisasi kembali.

            Dalam IPNU & IPPNU juga sama halnya seperti organisasi yang lain, karena terdapat struktur kepengurusan dan sebuah program kerja yang dibentuk oleh pengurus di awal periode setelah pembagian tugas/ bidang / departemen. Untuk meraih sebuah kerja sama yang baik antar pengurus diawali dengan masa taaruf dan pembekalan (upgrading) supaya pengurus yang baru tau apa saja tugas dan wewenangnya nanti saat menjabat di suatu bidang dalam kepengurusan IPNU IPPNU satu periode kedepan, masa ini juga akan membuat antar pengurus saling kenal dan timbul rasa percaya satu sama lain.

            Itu biasa terjadi di kepengurusan Pimpinan Cabang maupun Anak Cabang, lalu bagaimana dengan kepengurusan di tingkat ranting ?, dalam tingkat ranting merupakan tingkat pertama seorang pelajar mengenal organisasi IPNU & IPPNU, hal semacam masa taaruf seperti ini mungkin jarang ditemukan di awal periode karena biasanya bagi ranting yang baru terbentuk masih terombang-ambing belum tau arah dan tujuan dari IPNU IPPNU sendiri, yang kerap penulis lihat di ranting seperti ini adalah dibentuknya kepengurusan (Rapat Anggota) lalu Rapat Kerja untuk merancang program kerja lalu berjalanlah suatu organisasi menjalankan program demi program sampai akhir periode, tapi apakah semua itu akan dijalankan oleh semua pengurus ?. sepertinya lebih banyak tidaknya karena kerap penulis temukan di tingkat ranting yang mengurusi adalah pengurus harian dang bidang lain hanya terkesan Manut-manut saja tanpa ada musyawarah yang panjang sebelumnya antar pengurus. Hal ini bisa saja merusak suatu kepercayaan antar pengurus.

            Dalam kepengurusan yang baru terbentuk kunci yang pertama supaya kepencayaan antar anggota bisa langgeng dan organisasi berjalan sesuai keinginan adalah Bendahara, karena Bendaharalah yang memegang dan mengamankan uang milik organisasi yang berasal dari berbagai sumber seperti iuran antar pengurus, donator, ataupun sumbangan lain. Kalau di awal kepengurusan seorang ketua memilih bendahara yang kurang mumpuni apalagi sampai ada kasus uang kas terpakai tapi tak tercatat disitulah awal kepercayaan antar pengurus mulai terkikis, dan juga semisal IPNU IPPNU mendapatkan dana dari masyarakat untuk suatu program namun program yang dihasilkan kurang sesuai dengan yang diharapkan padahal dana yang diberikan cukup untuk menjalankan program tersebut, ini akan bermasalah dan yang jadi kecurigaan awal adalah bendahara. jadi memilih bendahara ini jangan asal tunjuk karena ini adalah kunci kepercayaan pertama, pilihlah seorang bendahara yang sudah biasa menyimpan uang dan mencatatnya, karena catatan tersebut yang nantinya akan jadi laporan kepada semua pengurus maupun masyarakat.

No comments

Terima kasih atas komentarnya...