Seberapa pentingkah SOSMED untuk IPNU-IPPNU ?

Sosial Media berguna gak ya di IPNU & IPPNU ?

Ilustrasi media sosial [ gambar milik beyonder.asia]

Sosial Media atau yang benar pengucapannya Media sosial adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. [wikipedia].

Media sosial kini bukan hanya blog, ada juga Facebook, Twitter, Instagram, You Tube, dll. dan masyarakat di zaman modern ini tak lepas dari yang namanya media sosial, entah itu untuk keperluan di pekerjaan, memudahkan menghubungi orang yang jauh, berbagi cerita dengan teman-teman tanpa harus bertemu langsung, dan sebagainya. namun banyak yang terkena dampak negatif dari media sosial, ada pepatah bahwa "HP mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat" sama halnya dengan sosial media yang cenderung membuat kita malas bersosialisasi, bahkan bisa jadi membuat kita malas untuk berangkat IPNU atau IPPNU. kan bahaya kalau gini caranya.

Media sosial juga memberikan kemudahan sih untuk organisasi...

Benarkah ?, benar melihat kegiatan sebelumnya pada saat PAC. IPNU & IPPNU Kecamatan Tugu berkunjung ke PAC. IPNU & IPPNU Kecamatan Limpung ada hal yang membuat pengurus IPNU IPPNU kecamatan Limpung terheran. "kenapa harus Limpung ?, kan masih banyak PAC yang lebih baik" jawaban dari mereka cukup dibilang nyeleneh "Kami itu tertarik saat melihat di Instagram PAC. IPNU & IPPNU Kecamatan Limpung, walaupun menyelenggarakan kegiatan kecil namun terlihat sangat menarik dan mewah" ujar rekanita Maftukhah selaku ketua PAC. IPPNU kecamatan Tugu. hmm... bisa disimpulkan kalau media sosial banyak juga ya manfaatnya untuk organisasi sebagai sarana ekspresi dan memamerkan kelebihan diri organisasi.

Terus apakah itu sama dengan PENCITRAAN ? bisa dikatakan Iya sebab kebanyakan yang kita post di media sosial adalah hal yang baik dan bagus saja, adapun hal buruk gak mungkin kan di post dan dibagikan di media sosial. bisa dicerminkanlah sama diri sendiri saat menggunakan media sosial. lanjut ke bagian inti dari tulisan ini ya rekan & rekanita.

Media Sosial bisa dijadikan sebagai media mengajak anggota.


Bisa kita renungkan sebentar saja, di IPNU IPPNU pernahkah anda membaca surat dari PAC dengan cermat terus disampaikan ke teman temanmu dengan menunjukkan surat tersebut satu-persatu ?, ya pasti jawabannya tidak, kan bisa kita foto terus dibagikan ke grup WA, ataupun yang lain seperti BBM, LINE, dll. selesai ....
namun pernahkah anda memikirkan ketika teman anda melihat chat di grup atau chat dari anda yang berisikan foto surat ataupun pesan singkat suatu event IPNU IPPNU terdekat, apakah mereka akan langsung tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. mungkin iya jika temanmu  itu sudah biasa berIPNU-IPPNUan tetapi teman yang lain yang masih kategori anggota baru pasti akan bertanya tanya kadang juga cuek saja dan tidak menghiraukan pesan tersebut. inilah mengapa IPNU-IPPNU dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam perjuangannya mengajak anggotanya untuk giat berangkat IPNUnan, dengan cara manfaatkan media sosial yang bersifat massa seperti Facebook, Twitter, Instagram, You Tube dan lain-lain yang saat ini sedang dipuja-puja oleh kaum milenial dan kaum-kaum generasi Z (generasi zaman NOW). supaya mereka belajar sendiri tentang IPNU IPPNU, apalagi ketika ada kegiatan terus buat iklan kegiatan semenarik mungkin. pasti mereka akan tertarik dan mulai minat dengan kegiatan di IPNU maupun IPPNU.

Mendatangkan nilai ekonomi untuk organisasi


yupss...benar sekali temen-temen pasti pernahkan belanja di toko didalam internet atau lebih dikenal Online Shop. ini juga merupakan kesempatan besar yang gak boleh disia-siakan lagi temen temen IPNU dan IPPNU, jika di IPNU-IPPNU punya layanan umum seperti jasa tim rebana simtuduror, atau jualan barang bisa tuh kan dipromosikan lewat akun media sosial organisasi, apalagi jangkauan media sosial bukan sebatas di daerah yang ditempati namun seluruh dunia bisa melihat produk yang temen temen tawarkan dari IPNU IPPNU, selain menghemat biaya promosi juga mudah dijangkau oleh orang lain siapa tahu bapak presiden tertarik dengan produk di IPNU IPPNU wilayah kalian, hehe,,,...aamiin.

Berbagi cerita kegiatan kita ke IPNU IPPNU di tempat lain

Setelah kegiatan jangan sampai tidak dibagikan ke media sosial donk tentang kegiatannya entah itu berita tentang acara, pengalaman acara, ataupun keunikan dari acara tersebut. hal ini nanti akan dibaca oleh rekan dan rekanita yang lain dan dapat lebih menarik para calon anggota baru yang belum pernah mengenal apa itu IPNU-IPPNU. begitu juga sebaliknya ketika kita membutuhkan inspirasi untuk sebuah kegiatan kita bisa tuh cari cari informasi milik IPNU IPPNU daerah lain lewat internet anggap saja studi banding namun secara rahasia hehe....

Sebenarnya ada banyak lagi sih manfaatnya media sosial untuk IPNU-IPPNU, yang jelas organisasi IPNU-IPPNU harus bisa mengikuti perkembangan zaman. kita memang dituntut untuk merawat tradisi dan amaliyah Nahdlatul Ulama tetapi kita juga harus mengemasnya mengikuti tren di zaman sekarang agar orang lain dapat menerima kita tanpa pandangan negatif, gunakan media sosial sebagai media dakwah dan perjuangan kita di IPNU & IPPNU dan untuk NU kita tercinta. jangan kalah sama kelompok minhum.... yang sudah lihai menggunakan media sosial sebagai media dakwah dan penyebaran ajaran mereka.

No comments

Terima kasih atas komentarnya...