Makesta IPNU IPPNU Guna Mencetak Kader Militan

14165600231484167404
Setelah sekian lama segala sesuatunya dipersiapkan secara matang, akhirnya pengurus ranting Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) desa Wonokerso, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang ini berhasil mengadakan kegiatan pengkaderan yaitu Masa Keetian Anggota. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh pengurus ranting Wonokerso semenjak dilantik bulan Juni lalu, selain kegiatan rutin tadarus pada bulan ramadhan. Kegiatan Makesta ini diikuti lebih dari 40 peserta yang erupakan pemuda pemudi nahdatul ulama desa Wonokerso ini sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu sore (15 November 2014) hingga minggu pagi (16 November 2014) yang bertempat di SD N Wonokerso 1 yang terletak didukuh Kejiwan. Acara yang bertema “Mereformulasi Gerakan NU sebagai Organisasi Sosial Keagamaan Berbasis Intelektual dalam Upaya Pembumian Aswaja’’ ini diharapkan mampu menjadikan para kader IPNU/IPPNU ranting Wonokerso yang militan yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai aswaja dimasyarakat.

Dalam kegiatan makesta ini panitia dari pengurus ranting IPNU/IPPNU Wonokerso bekerja sama dengan beberapa mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan dan Universtas Negeri Semarang (UNNES) yang kebetulan sedang melaksanakan KKN di desa Wonokerso. Keberadaan KKN tersebut sangat membantu dalam perencanaan kegiata makesta ini. “Alhamdulillah sekali, dengan adanya KKN STAIN dan UNNES disini sangat membantu pelaksanaan kegiatan makesta”, ujar Tsalis Hana Hanifa wakil ketua panitia acara tersebutt.
14165600951208711834

Selain itu kader IPNU IPPNU Pimpinan Anak Cabang (PAC) kecamatan Limpung juga ikut menghadiri kegiatan pengkaderan ini, salah satunya yaitu Ahmad Nur Rizqon selaku ketua PAC IPNU kecamatan Limpung berkenan hadir dalam acara ini. Kegiatan yang bertempat di SDN Wonokerso 1 ini dibuka oleh rekan Aris Yulianto selaku perwakilan dari panitia, serta dalam kesempatan tersebut kepala desa Wonokerso Bapak Muhammidin juga berkenaan memberi sambutan dalam acara ini. Kegiatan makesta ini juga dihadiri oleh tokoh-tokoh NU dan alumni pengurus ranting IPNU/IPPNU desa Wonokerso. Sehingga dengan banyaknya rekan rekanita yang datang juga turut ikut serta mensukseskan acara tersebut.


1416560240586318843
“Untuk acara perdana, IPNU tingkat ranting boleh dikatakan 80% sukses, meski harus ada evaluasi agar untuk kegiatan-kegiatan kedepannya, untuk panitia sudah 80% bagus, tetap semangat dalam belajar”, begitulah penilaian dari rekan Joko Sutrisno mantan ketua pengurus ranting IPNU Wonokerso.


Kegiatan makesta ini dilaksanakan dalam rangka pengkaderan bagi seluruh anggota IPNU/IPPNU ranting Wonokerso. Dimana dalam kegiatan ini juga diisi materi-materi seperti Ke-NU-an, ke-IPNU/IPPNU-an serta pengetahuan tentang desa yang disampaikan oleh Bapak Sakhirin, kepala dusun Kejiwan yang merupakan tokoh NU desa Wonokerso selaku salah satu narasumber atau pemateri dalam kegiatan ini. Kegiatan makesta ini bertujuan untuk memberikan pengenalan organisasi kepada seluruh anggota IPNU maupun IPPNU serta mengarahkan pada perubahan jiwa, sikap, mental sesuai dengan nilai-nilai ahlussunah wal jama’ah (Aswaja). Serta menimbulkan kesadaran akan pentingnya suatu organisasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Joko Sutrisno yang kerap disapa mas Jenggot ini mengharapkan IPNU/IPPNU mampu menjadi kader-kader yang militan, “Semoga kader IPNU dan IPPNU ranting Wonokerso menjadi kader-kader yang militan, bukan karbitan”, tuturnya. Makesta merupakan sarana mengenalkan organisasi NU serta aswaja kepada anggota IPNU dan IPPNU sehingga akan melahirkan kader-kader pemimpin yang berakhlak mulia dan siap memperjuangkan NU. Serta mengukuhkan persatuan dan kesatuan dikalangan pelajar NU.
IPNU dan IPPNU merupakan cikal bakal generai penerus perjuangan Nahdatul Ulama sehingga diharapkan siap untuk memperahankan aqidah aswaja dimasyarakat, khususnya Wonokerso.

Rekan Puryadi juga mengingatkan agar kader-kader IPNU/IPPNU Wonokerso untuk selalu belajar, berjuang, bertakwa untuk masa depan aswaja, buktikan kita (IPNU/IPPNU) adalah kader-kader yang militan.


SUMBER : KOMPASIANA.COM

2 comments:

Terima kasih atas komentarnya...