Gaya Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin yang terdiri atas empat sahabat Nabi Muhammad SAW, mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Khalifah Abu Bakar As-Shiddiq mempunyai karakter lembut dan tegas. Dalam suasana negara yang kacau, pemimpin yang mempunyai karakter seperti Khalifah Abu Bakar as-Shiddiq sangat diperlukan. Dengan Kelembutannya, Beliau dapat menginsafkan orang-orang yang terbujuk berbuat makar. Sementara itu, orang-orang yang bersifat merongrong dihadapi secara tegas oleh Beliau.

Pada masa Khalifah Umar bin Khattab, situasi negara lebih aman. Dalam kondisi ini, perlu mempunyai pemimpin yang berkarakter seperti Umar Bin Khattab, yaitu cerdas, tegas dan mengutamakan kepentingan rakyat. Kecerdaan Umar bin Khattab sangat diperlukan untuk membangun dasar-dasar kemasyarakatan yang islami.

Situasi negara pada masa Khalifah Usman bin Affan benar-benar sudah aman. Kemakmuran sudah tercapai disegenap lapisan masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, karakter pemimpin yang sholeh, penyantun, dan sabar sangat diperlukan. Dengan karakter seperti Khalifah Usman bin Affan tersebut, kemakmuran rakyat dapat tercapai, baik jasmani maupun rohani.

Pada masa peralihan kekuasaan dari Khalifah Usman bin Affan kepada Khalifah Ali bin Abi Talib, kekacauan kembali terjadi. Dalam kondisi negara seperti ini, karakter pemimpin yang tegas dan mengutamakan kebenaran sangat diperlukan. Khalifah Ali bin Abi Talib mempunyai karakter yang tepat. Ketegasan Khalifah Ali bin Abi Talib dalam membela kebenaran mirip dengan Khalifah Umar bin Khattab.


Sumber : Tonggak Sejarah Kabudayaan Islam 1 (H. Darsono - T.Ibrahim) Tahun 2009

No comments

Terima kasih atas komentarnya...